Featured Post

Paket wisata tour pulau tidung di kepulauan seribu


Keindahan alam nusantara memang tidak pernah ada habisnya. pulau tidung adalah bukti nyata yang mendukung fakta tersebut. Berada di salah satu kawasan bahari di Indonesia, tepatnya di Pulau Seribu, lokasi tersebut menjelma menjadi sebuah surga bagi para pencinta meajaiban matahari terbenam di ujung terjauh garis pantai. Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan yang terdapat di kepulauan seribu, di mana penduduk setempat dengan semangatnya menjaga kelestarian alam sekitar supaya tempat itu tetap menjadi sebuah tempat yang disebut para faunanya, ‘rumah’.

Di kawasan ini terdapat berbagai macam aktivitas yang sangat mendukung untuk menjaga kelestarian alam, seperti penangkaran terumbu karang. Seperti yang tadi telah kami ungkapkan bahwa ada semangat yang tidak berujung pada setiap lapisan masyarakat Pulau Tidung untuk selalu menjaga apa yang telah mereka miliki dan tidak akan membiarkan suatu apapun untuk merusak apalagi menghilangkannya. Oleh sebab itu, kegiatan wisata yang semakin marak di lokasi ini dikhawatirkan akan semakin mengikis apa yang selama ini telah mereka perjuangkan. Akan tetapi hingga saat ini seluruh pengunjung yang datang justru ikut berpatisipasi menjaga kelestarian alam yang dilindungi tersebut.

Pembagian Wilayah Pulau Tidung

Ada dua pulau yang menjadi bagian dari salah satu kawasan dari pulau seribu ini, yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Bagian pulau yang pertama merupakan pusat untuk mengembangkan dan juga merawat hutan mangrove. Pulau ini menyimpan banyak pesona yang ditawarkan kepada pengunjung yang belum pernah menyaksikan proses perawatan hutan mangrove secara langsung. Pengunjung bisa mengitari kawasan mangrove ini dengan sepeda yang banyak disewakan oleh penduduk setempat.

Sebanyak kurang lebih 5.000 jiwa yang tercatat sebagai penduduk di Kelurahan Tidung bertempat tinggal di bagian Tidung Besar. Anda bisa menuju ke sini dari Tidung Kecil melalui jembatan cinta. Di sinilah pusat kegiatan para penduduk dan juga pengunjung yang datang dan memutuskan untuk menginap. Para pengunjung bisa menyewa rumah penduduk setempat dengan harga yang relatif murah, atau menyewa kamar yang disediakan oleh pengelola resor di pulau ini.

Kegiatan Wisata Pulau Tidung

Selain menikmati kawasan lindung hutan mangrove, para pengunjung tentunya dapat melakukan beberapa aktivitas lainnya di sini. Sebagai salah satu lokasi yang terletak di kawasan bahari, Tidung menawarkan sejumlah kegiatan air yang tidak kalah menarik dengan hutan mangrove. Di sini tersedia persewaan peralatan menyelam atau snorkling bagi pengunjung yang berminat. Dalam kegiatan ini, Anda akan melihat betapa murni dan indahnya biota laut yang berada di area Pulau Tidung. Anda juga akan disuguhi dengan hamparan terumbu karang yang terjaga kelestariannya berkat penduduk setempat yang mencurahkan semangat dan kasihnya untuk menjaga.

Anda juga bisa menyewa sepeda dari penduduk untuk Anda gunakan berkeliling di sekitar pantai, atau memasuki area tempat tinggal penduduk. Sepeda merupakan transportasi terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menikmati jengkal demi jengkal pemandangan yang ada di Pulau Tidung. Anda bisa mengakhiri rute bersepeda Anda menjelang matahari terbenam. Bukannya untuk menghormati mitos yang ada, tapi untuk menghormati keindahan matahari yang terbenam secara perlahan di depan mata Anda.

Perlu diingat selalu bahwa sudah menjadi kewajiban Anda untuk selalu ikut menjaga kebersihan lingkungan sekitar, sehingga jangan berpikir dua kali untuk menyimpan sampah yang Anda punya sampai menemukan tempat sampah. #pulau tidung

0 Response to "Paket wisata tour pulau tidung di kepulauan seribu"